CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 19 November 2016

Vlookup pada Ms.Excel

Dalam dunia ms.excel, terdapat dua fungsi khusus untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel, yaitu vlookup dan hlookup. Vlookup ialah salah satu aplikasi pengolah data dari ms.excel yang berfungsi untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasar nilai tertentu.
Seperti namanya, "vlookup" kepanjangan dari "vertical lookup", yang berarti mencari data secara vertikal. Karena di excel juga terdapat fungsi khusus mencari data secara horizontal, yaitu "horizontal lookup" atau disingkat "hlookup".
Disini akan dibahas lebih mendalam mengenai vlookup, serta penerapannya.
Berikut merupakan fungsi rumus dari vlookup:
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;range_lookup)
Keterangan:
  1. lookup_value: nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel,
  2. table_array: tabel referensi yang akan dicari datanya dimakna kolom pertama digunakan sebagai acuan untuk nilai lookup_value,
  3. col_index_num: nomor kolom pada tabel_array yang ingin dicari datanya,
  4. range_lookup: pilihan untuk menentukan nilai yang persis atau nilai yang mendekati 
TRUE (1) untuk mencari nilai yang mendekati
     FALSE (2) untuk mencari nilai yang sama persis 
jika range_lookup tidak diisi, maka otomatis dianggap "TRUE"

Berikut contoh peneranpannya:

 Pada tabel tersebut, bagian tabel_array bisa diganti sesuai dengan kehendak brainware. Berdasar tabel diatas, caranya yaitu: klik kolom G3, arahkan kursor ke kolom I7(jangan dilepas saat diarahkan), kemudian lepas kursor. Lihat name box pada bagian ujung kiri atas layar(bertuliskan "G3"). Klik name box, dan ganti sesuai kehendak anda. Seperti gambar berikut:
Demikian sedikit informasi mengenai vlookup dalam ms.excel berdasar training ICT, semoga bermanfaat...
ookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang. table_array : ta


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html
ookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang. table_array : ta


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html
ookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang. table_array : ta


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html
ookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang. table_array : ta


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html
Fungsi VLOOKUP adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai tertentu. Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau horizontal lookup.


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html
Fungsi VLOOKUP adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai tertentu. Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau horizontal lookup.


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html
Fungsi VLOOKUP adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai tertentu. Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau horizontal lookup.


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2015/03/cara-menggunakan-rumus-vlookup-di-excel.html

0 komentar:

Posting Komentar